Side Story : The Relic Collection of the Thousand Tricks (cont.)

 

Relik. Hadiah dari masa lalu yang terbuat dari mana material. Di era energi magis yang kaya itu, Relik terus-menerus dibawa kembali dari reruntuhan harta karun. Beberapa pemburu akan memasuki reruntuhan harta karun dengan tujuan melatih pikiran dan tubuh, namun Relik lah yang memungkinkan zaman keemasan perburuan harta karun.

 

Sisa-sisa peradaban masa lalu ini memiliki kekuatan yang tidak dapat diperoleh melalui teknologi modern, sehingga membuatnya dihargai oleh banyak orang. Ada negara-negara yang mampu berkembang berkat kekuatan satu Relik. Faktanya, kemakmuran Kekaisaran Zebrudian sebagian berkat harta nasional mereka yang dikenal sebagai Tears of Truth.

 

Kebetulan memainkan peran yang sangat besar dalam menentukan Relik mana yang mungkin kalian peroleh. Kemungkinan memperoleh barang yang kuat membuat perburuan harta karun menjadi profesi bagi para pemimpi.

 

Tapi apa semua Relik itu berguna? Jawabannya adalah tidak.

 

Sebagian besar dari Relik memiliki kemampuan yang tidak berguna dan disebut sebagai hal-hal seperti "sampah" atau "rongsokan". Beberapa di antaranya memiliki kekuatan bahkan tanpa kegunaan yang paling situasional, beberapa hanyalah alat sederhana tanpa kekuatan apapun, dan ada pula yang memiliki efek negatif.

 

Namun, karena Relik pada umumnya cukup kokoh, pedang dan perisai tanpa ciri pembeda lainnya tetap memiliki harga yang tinggi. Demikian pula, barang-barang dengan ciri negatif, "benda terkutuk" sebagaimana mereka disebut, terkadang dibeli dengan harga yang sangat mahal (jangan tanya untuk apa). Bahwa nilai Relik tidak selalu terkait dengan kegunaannya hanyalah poin lain yang membuat perdagangan menjadi menarik.

 

Sekarang, sebelumnya, aku menunjukkan beberapa Relik jenis pedang; kali ini aku akan menunjukkan sesuatu yang sifatnya berbeda. Relik jenis ini pasti akan membingungkan siapapun yang menemukannya dan menyebabkan lebih banyak masalah bagi para pemburu daripada jenis lainnya di luar sana. Aku akan memperkenalkan Relik jenis hiburan.

 

***

 

Meskipun tidak ada definisi konkret untuk "jenis hiburan" ini, Relik apapun yang menyenangkan namun tidak memiliki tujuan praktis mungkin dapat termasuk dalam kategori ini. Relik ideal bagi pemburu harta karun adalah sesuatu yang membantu petualangan mereka, namun orang yang bukan pemburu berbeda, terlebih lagi jika menyangkut pedagang dan bangsawan kaya.

 

Relik jenis senjata yang bagus dapat membuat perjalanan melintasi kota jauh lebih aman dan sesuatu yang memungkinkan komunikasi jarak jauh seperti Sounding Stone sangat penting untuk melakukan bisnis atau mengelola lahan. Meskipun membingungkan banyak pemburu harta karun, Relik jenis hiburan terkadang dapat dijual dengan harga lebih tinggi daripada sesuatu yang lebih bermanfaat. Bagi mereka yang memiliki segalanya, satu-satunya hal yang mereka inginkan adalah hiburan.

 

Orang kaya terpesona oleh Relik ap pun yang langka, terlebih lagi jika mereka menawarkan sekilas kehidupan peradaban sebelumnya. Mereka selalu memburu barang yang menarik perhatian mereka, dan menggunakan kantong mereka yang besar untuk membeli apa yang mereka inginkan.

 

Relik pertama yang ingin aku perkenalkan adalah jenis gambar yang dikenal sebagai Moving Images. Aku yakin namanya sudah menjelaskan semuanya. Relik itu tampak seperti lukisan berbingkai, namun gambarnya bergerak bebas. Itu saja dan tidak lebih.

 

Ada beberapa jenis gambar yang dapat melakukan hal-hal seperti menyedot orang ke dalamnya, namun Moving Images tidak melakukan hal yang istimewa. Sedikit animasi mungkin terdengar sepele, namun sebenarnya itu adalah artefak budaya yang berharga, menjadikannya salah satu jenis hiburan paling populer di luar sana, yang disukai oleh para penggemar di seluruh dunia.

 

Harga dapat berfluktuasi secara liar tergantung pada ukuran dan isinya, sehingga sulit bagi para pemburu untuk memperkirakan berapa nilai temuan mereka. Hebatnya, ada kisah-kisah tentang Moving Images yang harganya mencapai miliaran gild. Mungkin akan lebih baik jika para pemburu menganggapnya sebagai karya seni dan bukan sebagai Relik.

 

Aku harus menyebutkan bahwa bagian "Moving" tidak terbatas pada batas-batas lukisan. Sebagian besar elemen puas untuk tetap berada di dalam bingkainya, namun ada kalanya beberapa hal secara tidak sengaja terlepas. "Elemen-elemen" yang hilang ini tidak dapat disentuh dan bahkan para peneliti berbeda pendapat tentang cara mengklasifikasikannya.

 

Kalian harus berhati-hati, karena jika suatu elemen kehabisan mana saat berada di luar batas lukisannya, mereka tidak akan pernah bisa kembali. Ada sebuah kisah populer tentang salah satu Moving Images yang paling terkenal, "Dance at Daybreak". Relik itu adalah gambaran seperti mimpi tentang kerumunan bangsawan yang menari dalam kegelapan yang samar, dan seiring berjalannya cerita, setiap kali muatannya mencapai nol, jumlah pengunjung pesta berkurang sedikit. Akhirnya, itu menjadi acara yang menyedihkan dengan sangat sedikit peserta yang tersisa.

 

Jika suatu elemen meninggalkan bingkainya, pilihan terbaik kalian adalah memastikan mana yang ada di Relik itu tidak pernah habis sepenuhnya dan menunggu dengan sabar hingga pengembara itu kembali. Penghuni lukisan tidak pergi jauh dan biasanya pulang pada suatu saat.

 

Jika kalian ingin menghindari kehilangan orang-orang dalam Moving Images kalian, sebaiknya kalian tidak lupa mengisi ulang daya Relik itu. Bahkan jika tidak ada yang meninggalkan bingkai, setelah kalian mengaktifkan Moving Images, gambar itu tidak akan pernah sama lagi. Aku mendengar beberapa penggemar akan terus mengisi ulang daya Moving Images mereka hingga mereka mendapatkan pemandangan yang mereka sukai.

 

Dunia Moving Images adalah salah satu dari banyak kemungkinan. Misalnya, jika kalian mengaktifkan beberapa Images dalam jarak dekat, para penghuni akan bercampur dan berbaur dengan cara yang sangat menarik. Demikian pula, ada Moving Puzzles turunan.

 

Meskipun mungkin tidak memiliki arti apapun, tidak dapat disangkal bahwa teka-teki itu menyenangkan. Teka-teki itu benar-benar layak dicoba. Aku juga pernah memiliki Relik Moving Images. Namun, aku mencoba membalikkannya saat aktif, dan semua isinya berjatuhan, meninggalkanku dengan kanvas kosong.

 

Nah, seperti yang aku duga, perdagangan Relik jenis hiburan sebagian besar didukung oleh para penggemarnya yang kuat. Namun, yang aku dapatkan selanjutnya adalah contoh langka dari sesuatu yang digemari bukan hanya oleh para penikmat, namun juga oleh para pemburu dan orang biasa.

 

Aku berbicara tentang Animal Affinity. Itu adalah Relik jenis ikat kepala, yang memiliki telinga hewan yang menempel padanya. Ada banyak jenis Relik ini, dan mengenakannya akan memberi kalian telinga dan ekor yang mirip dengan hewan yang relevan. Jika memiliki telinga kucing, kalian akan memiliki telinga kucing dan ekor kucing; jika memiliki telinga anjing, maka kalian akan memiliki telinga anjing dan ekor yang serasi, dan seterusnya.

 

Sayangnya, pelengkap tambahan itu murni dekorasi saja. Kalian tidak dapat menyentuhnya, kalian juga tidak akan mendapatkan kemampuan mereka atau dapat memahami apa yang dipikirkan hewan sungguhan. Oleh karena itu sebutan sebagai jenis hiburan. Jika aku harus menyebutkan satu hal menarik tentang Relik ini, itu adalah pesonanya. Ekor dan telinganya tidak dapat digerakkan sesuka hati, namun akan bergerak sendiri sesuai dengan perasaan pemakainya. Fitur yang menggemaskan ini membuat Animal Affinity banyak digemari, bahkan di kalangan pemburu, dan membuat jumlah Relik ini di pasaran relatif sedikit dibandingkan dengan jumlah yang ditemukan.

 

Aku pernah mendengar tentang sebuah kafe populer yang semua stafnya mengenakan Animal Affinity. Animal Affinity Café adalah contoh luar biasa dari potensi Relik ini, namun aku merasa perlu menambahkan bahwa kafe ini dibuka oleh seorang pemburu yang sangat menyukai Animal Affinity, dan tempat ini adalah buah dari obsesinya.

 

Harga Relik ini, omong-omong, dapat bervariasi tergantung pada hewan yang dimaksud. Bentuk yang paling populer adalah kucing dan anjing, namun beberapa jenis dapat dibeli dengan harga yang sangat murah. Jika kalian hanya tertarik pada Relik ini karena kebaruannya, sebaiknya kalian memilih varian yang lebih murah.

 

Secara pribadi, aku adalah memiliki Relik Affinity kucing hitam. Aku mencoba menyumbangkannya ke Animal Affinity Café yang disebutkan tadi, namun mereka menolak tawaran itu. Dunia Relik yang beragam untuk hiburan memang rumit.

 

Ngomong-ngomong, karena ketertarikan pribadi, aku pernah mencoba memasang salah satu ikat kepala ini pada hewan yang serasi dan— Ah, aku malah ngelantur.

 

Meskipun masih banyak sekali Relik yang beragam untuk hiburan yang bisa aku perkenalkan, aku akan menjadikan ini yang terakhir agar tidak membuat siapapun bosan. Yang terakhir ini adalah favoritku. Relik ini adalah Relik jenis boneka yang disebut "Archaic Dancer". Relik ini adalah barang yang diketahui oleh siapapun yang tertarik dengan bidang ini.

 

Sulit untuk memberikan penjelasan singkat tentang apa fungsinya, namun jika aku harus menjelaskannya, aku akan menggambarkannya sebagai boneka tanah liat yang bisa bernyanyi dan menari. Itu mungkin terdengar klise, dan tentu saja, adik perempuanku memukulku ketika dia mengetahui berapa banyak uang yang aku keluarkan untuk sebuah Relik seperti ini. Namun, dari bentuknya yang menawan hingga tariannya yang lucu, hingga suaranya yang mengingatkan pada kekacauan masa lalu, boneka ini pasti akan menawarkan kehadiran yang menyembuhkan bagi siapapun yang kelelahan karena masyarakat modern kami.

 

Seperti dua Relik sebelumnya, Archaic Dancers hadir dalam berbagai jenis. Dikatakan bahwa tidak ada dua yang benar-benar sama. Beberapa menari, beberapa bernyanyi, beberapa melakukan keduanya, dan umumnya, semakin banyak repertoar boneka, semakin tinggi harganya. Namun, karena suara dan rutinitas bervariasi, sulit untuk menilai nilai hanya berdasarkan luasnya kemampuan saja.

 

Archaic Dancers umumnya ditemukan di reruntuhan harta karun Level 6 atau lebih tinggi, yang berarti Relik ini berada di antara phantom yang kuat dan muncul bersama Relik yang jauh lebih praktis. Sayangnya, ini berarti boneka-boneka ini sering ketinggalan zaman.

 

Sekarang, aku telah menyebutkan bahwa boneka-boneka ini bisa bernyanyi dan menari, namun sebenarnya ada fitur lain—fitur tersembunyi. Jika kalian menempatkan beberapa boneka bersama-sama, mereka akan bernyanyi dalam paduan suara. Menonton satu saja sudah menyenangkan, namun bila kalian mengaktifkan beberapa, semuanya akan tersinkronisasi dan menghasilkan pertunjukan yang hebat dan terpadu.

 

Suatu ketika, dalam pemandangan yang tak terlukiskan, seorang kolektor Archaic Dancers mengumpulkan sekitar beberapa lusin dan membuat sebuah orkestra kecil. Orkestra itu melibatkan para penari dari koleksiku sendiri.

 

Satu-satunya kekurangan Relik ini adalah harganya. Karena sering kali ditinggalkan di reruntuhan harta karun dan tersedia dalam berbagai jenis, boneka yang benar-benar bagus harganya bisa sangat mahal hingga membuat mata kalian melebar. Jika kalian ingin mengumpulkan dalam jumlah banyak, kalian harus siap menghabiskan hidup untuk mencapai tujuan itu.

 

***

 

Sekarang setelah aku berkesempatan memperkenalkan tiga Relik jenis hiburan terbaik itu, apa pendapat kalian? Karena "hiburan" tidak memiliki definisi yang pasti, berbagai barang dengan kekuatan dan bentuk apapun cocok untuk kategori ini.

 

Beberapa Relik hanya perlu sedikit perbaikan sebelum kalian dapat menemukan kegunaannya. Seperti yang telah kita ketahuai sebelumnya, Relik dengan kemampuan seperti Animal Affinity bukanlah sesuatu yang luar biasa, namun orang-orang berhasil menjualnya dengan memasarkan nilai kesenangannya. Pada saat itu, sulit untuk benar-benar menganggapnya tidak berguna.

 

Saat ini, Relik sebagian besar dinilai berdasarkan nilai praktisnya. Pemburu harta karun hanya dapat membawa kembali sejumlah barang dari reruntuhan harta karun, jadi barang apapun yang tidak dapat dianggap berguna akan ditinggalkan. Sementara itu, sebagian besar party memprioritaskan Relik yang bahkan tidak dikenal daripada jenis hiburan.

 

Namun, aku merasa ini agak disayangkan. Memang benar bahwa barang-barang ini tidak berguna selama perburuan, namun aku tidak berpikir itu merupakan hal yang buruk. Karena membutuhkan mana, mahal, dan memiliki kekuatan yang sangat besar, Relik merupakan sesuatu yang jauh dari kehidupan orang biasa. Satu organisasi survei menemukan bahwa sembilan puluh persen orang yang tidak terlibat dalam perburuan atau bisnis terkait belum pernah menggunakan Relik sebelumnya.

 

Kurangnya kegunaan praktisnya membuat Relik yang bersifat hiburan menjadi pilihan yang baik sebagai hadiah, aset yang dapat mengubahnya menjadi jembatan yang menghubungkan pemburu dan warga sipil. Bahkan pemburu yang paling berani pun akhirnya harus pensiun. Senjata dan armor sering diwariskan kepada anak-anak atau murid, namun aku merasa bahwa Relik yang menghibur adalah kenang-kenangan yang sempurna untuk mengingatkan seseorang akan karier mereka sendiri.

 

Relaksasi adalah bagian penting lain dari kehidupan. Sebagai seorang kolektor, aku sangat gembira setiap kali aku dapat menginspirasi seseorang di luar sana untuk menaruh minat pada Relik yang bersifat hiburan, atau setidaknya menjadi sedikit lebih kecil kemungkinannya untuk melupakannya.